Source » http://www.www.farrasgrafer.blogspot.com#ixzz1juwhVHn8
28 Agu 2011

Mempercantik Terminal
























Ini tulisan lama saya, yang pernah saya posting di FUI, Forum Ubuntu Indonesia
sengaja saya tulis lagi , buat mengenang kembali oprekan pertama ku waktu pake ubuntu :D

Jelas bosen pertama kali aku mengenal terminal alasannya
1. Tampilannya Hitam Putih (teks doang)
2. Cape ngetik
3. klo salah masukan printah bisa error (mode=root)

ETTTTT, Tapi setalah lama aku mengenalnya aku jadi suka dengan terminal. Menurutku disitulah Seninya pake Linux
Tapi jangan khawatir seperti gambar diatas Teminal pun bisa di bikin cantik juga :D


langsung aja ikutin caranya :D
1 install aplikasi : sudo apt-get install fortune cowsay
2 trus install juga aplikasi : sudo apt-get install figlet

3 setalah semua terinstall edit file yg ada di /home/.bashrc : sudo gedit /home/nama home kalian/.bashrc

copas kata ini dan taruh di paling bawah:
# Modification Terminal
cowsay -f eyes "Selamat Datang di Negeri UNIX"
echo
#Figlet nama
figlet -f smslant "MASDANA"

Jadinya seperti di atas

klo mau ganti gambarnya sama font tulisannya tinggal lihat dan masuk ke directory
cd /usr/share/cowsay/cows/ ini untuk ganti gambar
cd /usr/share/figlet ini untuk ganti font


Semoga Bisa bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar